PIMPINAN GEOGRAFI TURUN GUNUNG

Oleh: Daud Yusuf . 3 Januari 2016 . 13:00:00

 

Layaknya orang tua, para dosen di lingkungan Prodi Pendidikan Geografi, selain mentransformasikan ilmu pengetahuan dan keteladanan, secara intens juga menyelengarakan bimbingan dan konseling di bawah koordinasi bagian bimbingan dan konseling Universitas Negeri Gorontalo untuk mendalami permasalahan atau hambatan dalam perkuliahan yang dialami oleh mahasiswa.

Silaturahim dosen dan mahasiswa (3/1/2016) yang dibalut dalam “Pertemuan Orang Tua Wali dan Evaluasi Kegiatan Mahasiswa” dampak manfaatnya sangat dirasakan terutama oleh mahasiswa tingkat akhir yang terancam gagal menyelesaikan studi dan atau yang sudah masuk dalam daftar drop out.

Kegiatan pelayanan ini dilakukan dengan mengidentifikasi mahasiswa program studi yang memiliki permasalahan dalam perkuliahan melalui informasi dari seluruh penasehat akademik dan infomasi langsun dari mahasiswa yang bersangkutan. Berdasarkan data yang diperoleh, kemudian konselor (dosen program studi yang ditunjuk langsung oleh ketua program studi) memanggil mahasiswa yang teridentifikasi, dan bila permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa membutuhkan penyelesaian dengan orang tua/wali mahasiswa (seperti tertundanya penyelesaian studi dan menyebabkan mahasiswa tersebut terancam drop out), maka konselor melalui program studi memanggil orang tua/wali mahasiswa.

Dosen adalah oran tua yang tegas dan komitmen dalam mendidik. Kelanjutan dari bimbingan dinyatakan dalam bentuk kontrak/perjanjian antara orang tua, mahasiswa dan konselor yang ditandatangangi di atas materai yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh mahasiswa.

Agenda

8 - 11 Mei 2016

Visitasi Program Studi Pendidikan Geografi

Visitasi Prodi Pendidikan Geografi akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2016 oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Asesor dari UGM Yogyakarta dan UPI Bandung