Bone Bolango, 10 Januari 2025 – Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian (ITK) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melaksanakan kegiatan Evaluasi Kegiatan Akademik Semester Ganjil 2024/2025 dan Persiapan Semester Genap 2024/2025. Kegiatan ini melibatkan dua program studi, yakni Pendidikan Geografi dan Teknik Geologi, dan berlangsung di ruang rapat Jurusan ITK.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan akademik selama semester ganjil, mencakup proses perkuliahan, praktik lapangan, dan tugas akhir mahasiswa. Selain itu, forum ini juga menjadi ajang untuk merencanakan strategi peningkatan kualitas akademik untuk semester genap mendatang.
Dr. Aang Panji Permana, S.T., M.T., selaku Ketua Jurusan ITK, menyampaikan bahwa evaluasi ini sangat penting untuk memastikan mutu akademik tetap terjaga. “Melalui evaluasi ini, kita dapat mengidentifikasi kendala yang dihadapi selama semester ganjil dan mencari solusi yang terbaik. Selain itu, persiapan semester genap juga menjadi prioritas agar kegiatan akademik berjalan lebih optimal,” ujarnya.
Daud Yusuf, S.Kom., M.Si., selaku Sekretaris Jurusan ITK, juga menambahkan bahwa partisipasi aktif semua pihak dalam evaluasi ini sangat diperlukan. “Kegiatan ini adalah momen penting untuk menyamakan visi antara dosen dan mahasiswa. Dengan komunikasi yang baik, kita dapat menciptakan lingkungan akademik yang kondusif dan mendukung proses pembelajaran secara menyeluruh,” ungkapnya.
Laporan evaluasi menyoroti pentingnya meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa. Dalam hal ini, luaran skripsi diharapkan dapat lebih banyak dipublikasikan di jurnal ilmiah terakreditasi. Langkah-langkah strategis telah dirancang, termasuk bimbingan intensif penulisan artikel ilmiah, pelatihan manajemen referensi, dan kolaborasi dengan jurnal-jurnal bereputasi untuk mendukung publikasi karya mahasiswa.
Jurusan ITK berharap hasil evaluasi ini dapat menjadi pijakan untuk perbaikan di semester genap 2024/2025. Dengan kerja sama yang solid antara dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, diharapkan kualitas pendidikan di jurusan ini terus meningkat, sehingga mampu mencetak lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi. Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi interaktif antara dosen dan mahasiswa, di mana berbagai masukan dan saran ditampung untuk ditindaklanjuti di tin